Dinas Pertanian Bondowoso
Berita

TANAM PERDANA TEMBAKAU KASTURI DI WONOSUKO, KEC. TAMANAN, KAB. BONDOWOSO

Komoditas tembakau merupakan salah satu komoditas perkebunan kondusif dan stabil yang ada di Kabupaten Bondowoso. Jenis tembakau yang banyak ditanam di Kabupaten Bondowoso ini ada 2, yaitu kasturi dan rajangan. Mengawali musim tanam tembakau tahun 2022 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso mengadakan tanam perdana tembakau kasturi. Tembakau kasturi tersebut merupakan tembakau kerosok lokal VO, tembakau jenis kasturi ini digunakan sebagai bahan campuran utama untuk rokok kretek yang menjadi favorit para penikmat rokok

Tanam perdana tembakau kasturi yang dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Mei 2022 ini diadakan di Desa Wonosuko, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso. Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso yang bekerjasama dengan PT. Indonesia Dwi Sembilan, Bank BNI dan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI). Acara tanam perdana tembakau kasturi yang dilaksanakan hari ini berjalan dengan lancar. Adanya kerjasama ini diharapkan para petani tembakau di Bondowoso akan lebih mudah dalam melakukan budidaya tembakau.

Masa panen akan dimulai dari pada saat umur tembakau kurang lebih 3 bulan setelah tanam.  Sehingga para petani akan memulai panen tembakau sekitar bulan agustus. “Diharapkan hasil panen tembakau kasturi nanti akan sangat memuaskan dan bagus, sehingga kebutuhan pabrik rokok akan terpenuhi dan para petani tembakau akan sejahtera.” Ucap Hendri Widotono, S.Pt, M.P. selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso.

Untuk video pendek kegiatannya, bisa diklik disini

Related posts

Jaga Eksistensi Kopi Bondowoso, Pemkab Dorong Pembuatan Perda

adminpertanian

PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA OLEH DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN BONDOWOSO

Tangguh Prabowo

REALOKASI PUPUK BERSUBSIDI KABUPATEN BONDOWOSO T.A. 2021

adminpertanian

Leave a Comment