Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bondowoso
BlogBPP Tangsil

Sosialisasi Perencanaan Areal Tembakau Kegiatan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian Tahun Anggaran 2024

Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kualitas tembakau di Bondowoso, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bondowoso mengadakan Sosialisasi Perencanaan Areal Tembakau sebagai bagian dari Kegiatan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian Tahun Anggaran 2024. Acara ini dilaksanakan pada hari ini, Selasa tanggal 4 Juni 2024, di pendopo Kecamatan Bondowoso.

Sosialisasi ini dihadiri oleh  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabid Penyuluhan, serta para petani tembakau di wilayah Kecamatan Bondowoso, Tenggarang dan Tegalampel. Bertindak sebagai narasumber dalam acara ini adalah dari APTI Kabupaten Bondowoso.

APTI menyampaikan apresiasinya kepada DKPP Bondowoso atas penyelenggaraan sosialisasi ini. Ia berharap sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi para petani tembakau dalam merencanakan areal tanam tembakau mereka dengan lebih baik.

Narasumber dari APTI dalam paparannya menyampaikan materi tentang pentingnya perencanaan areal tembakau. Perencanaan areal tembakau yang baik akan membantu petani dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas tembakau, serta meminimalisir risiko kegagalan panen.

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam sosialisasi ini antara lain:

  • Pentingnya memilih varietas tembakau yang sesuai dengan kondisi agroklimat di wilayah Bondowoso.
  • Penerapan teknik budidaya tembakau yang baik dan benar.
  • Pengelolaan hama dan penyakit tembakau yang efektif.
  • Pemanfaatan pupuk organik dan hayati untuk meningkatkan kesuburan tanah.
  • Pasca panen tembakau yang baik untuk menjaga kualitas hasil panen.

Peserta kegiatan sebanyak 200 orang yang terdiri dari para petani tembakau di wilayah kecamatan Bondowoso, Tenggarang dan Tegalampel. Para petani tembakau yang hadir dalam sosialisasi ini tampak antusias mengikuti paparan dari narasumber. Mereka juga banyak mengajukan pertanyaan kepada narasumber terkait dengan materi yang disampaikan.

Sosialisasi Perencanaan Areal Tembakau ini diharapkan dapat membantu para petani tembakau di Bondowoso dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas tembakau mereka, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. (tim)

Related posts

KEGIATAN KHOTMIL QUR’AN DALAM RANGKA MEMPERINGATI AWAL TAHUN 1444 HIJRIYAH

Tangguh Prabowo

TANAM PERDANA TEMBAKAU KASTURI DI WONOSUKO, KEC. TAMANAN, KAB. BONDOWOSO

Tangguh Prabowo

IDENTIFIKASI BURUH TANI CEGAH TURUNNYA NTP

adminpertanian

Leave a Comment