REALOKASI PUPUK BERSUBSIDI KABUPATEN BONDOWOSO T.A. 2021

Menindaklanjuti pertemuan mengenai pupuk bersubsidi yang sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan Februari lalu, maka dilaksanakan rapat lanjutan mengenai realokasi pupuk bersubsidi yang dilaksanakan pada 25 Mei 2021 lalu. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, Asisten II, Kabag Perekonomian Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, perwakilan dari pihak Kejaksaan Kabupaten Bondowoso, Kasat Intel Polres Bondowoso, perwakilan Kodim Bondowoso, perwakilan Petrokimia Gresik, Kabag Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso, pejabat lingkup Dinas pertanian Kabupaten Bondowoso, pengawas pupuk, dan distributor pupuk di Kabupaten Bondowoso. Dalam forum ini diharapkan seluruh kesimpulan rapat pada Februari 2021 lalu telah dilaksanakan secara selaras oleh segenap pihak yang bersinggungan dengan pupuk bersubsidi.

Tujuan dilaksanakannya rapat lanjutan ini adalah supaya tidak ada salah asumsi tentang realokasi pupuk bersubsidi, sehingga tidak ada penyalahgunaan dalam distribusi pupuk bersubsidi. Tata kelola pupuk bersubsidi sendiri dinaungi payung hukum Permendag No.15/M-DAG/PER/4/2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian. Segenap pihak yang berhubungan dengan pupuk bersubsidi mulai dari produsen, distributor, hingga kios penjual seyogyanya harus memahami adanya peraturan diatas, sehingga permasalahan dilapangan seperti penyalahgunaan distribusi pupuk dapat diminimalisir.

“Forum ini patut diapresiasi baik bagi pelaku usaha, produsen, distributor, pengawas, dan segenap jajaran aparatur, bahwasanya forum ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar permasalahan dilapangan bisa diminimalisir. Adalah tugas kita bersama memastikan distribusi pupuk sesuai dasar hukum yang berlaku. Dengan adanya forum ini kita semua harus fokus untuk mencari jalan keluar guna memecahkan masalah yang ada, dan jangan hanya berfokus dengan masalah itu sendiri,” ujar Kasat Intel Polres Bondowoso (25/05/2021).

Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso dalam hal ini menjembatani kesejahteraan petani sehingga pupuk bersubsidi tersalurkan dengan baik, dan penyalahgunaan distribusi pupuk bersubsidi di lapangan dapat diminimalisir.



Tinggalkan Balasan