Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bondowoso
Blog

DUDUK BERSAMA KEPALA DINAS DAN THLDPP PERTANIAN

Rapat koordinasi dan evaluasi kerja THLD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso hari Rabu, 15 Juni 2022 dihadiri oleh Bapak Hendri Widotono, S.Pt., M.P selaku Kepala Dinas dan didampingi oleh Sekretaris Dinas, Kepala Bidang KJF, Kepala Bidang Penyuluh Pertanian. Rapat yang dilangsungkan di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso berlangsung lancar dengan adanya arahan dari Bapak Hendri atas tugas yang diberikan kepada para THLD selaku pendamping petani di dalam memajukan sektor pertanian. Terdapat beberapa pokok bahasan pada rapat kali ini, yaitu pengerjaan laporan, kalender kerja, sikap pegawai teladan, dan keberlangsungan ikatan kontrak.

Tenaga Harian Lepas Daerah atau disingkat THLD merupakan para pekerja kontrak yang direkrut dalam upaya menjadi tenaga perbantuan di bidang penyuluhan pertanian di lingkup daerah, terutama di wilayah kerja se-Kabupaten Bondowoso. Peran serta petugas THLD dapat mendorong pengembangan pertanian dengan adanya pendampingan di sektor pertanian sehingga berbagai kegiatan pertanian dari proses penyuluhan, administrasi, dan program-program pemerintah dalam upaya memajukan sektor pertanian dapat berjalan dengan optimal. Kegiatan rapat yang dilangsungkan mengarahkan para THLD untuk dapat bekerja secara optimal dengan meningkatkan efektifitas di dalam pembuatan laporan. Laporan tersebut dipergunakan untuk menilai hasil kerja yang telah dilakukan dan capaian yang telah diraih. Hasil laporan juga akan menjadi evaluasi dan pertimbangan yang menjadi kebijakan yang nantinya akan dikeluarkan, oleh karena itu para THLD diharapkan dapat segera melakukan pengerjaan laporan rutin. Terdapat kalender kerja yang perlu dipenuhi oleh para THLD yang menjadi acuan dalam kegiatan yang perlu dilaksanakan, sehingga dapat sesuai dengan program kerja.

Berbagai tugas yang diemban para THLD perlu didorong oleh sikap teladan di dalam mewujudkan profesionalitas pekerja. Sejauh ini sikap dari para THLD dinilai cukup baik di dalam melayani masyarakat. Sikap tersebut tentu bukan menjadi akhir, perlu terus diwujudkan dan diimplementasikan terus. Pengimplementasiannya dengan menjadi pribadi yang loyal, disiplin, dan patuh terhadap arahan, serta dapat melaksanakan tugas sebaik dan sesegera mungkin. Bapak Ayib selaku Sekretaris Dinas menyampaikan, “Kedisiplinan dimulai dari diri sendiri, hak akan diberikan ketika kewajiban telah dipenuhi. Ketepatan waktu dalam bekerja pun sangat penting”.

Bahasan terakhir pada rapat kali ini menyangkut keberlansungan ikatan kontrak para THLD. Kebijakan pemerintah memutuskan untuk peniadaan pekerja honorer dan digantikan dengan PPPK. Kebijakan tersebut menjadikan para THLD perlu bersiap dalam menghadapi tes PPPK nantinya. “Persiapkan diri semaksimal mungkin dalam tes PPPK nanti. Dinas yakin dan percaya rekan-rekan mampu bersaing dengan baik, jujur, dan kami berharap terus menjadi bagian dalam mewujudkan pertanian Kabupaten Bondowoso lebih maju lagi”, ujar Bapak Hendri memotivasi para THLD.

Related posts

Amankan Stok Pangan, POPT, Penyuluh dan Petani Sinergi Laksanakan Gerdal WBC

adminpertanian

KUNJUNGAN KERJA KOMISI II DPRD SITUBONDO

adminpertanian

PERSIAPAN VERIFIKASI DAN PENILAIAN DUPAK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENYULUH PERTANIAN

Tangguh Prabowo

Leave a Comment