PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN UNGGUL MELALUI KERJASAMA BBPP BATU DAN PEMKAB BONDOWOSO

Kolaborasi dan kerjasama antara BBPP Batu dengan pemerintah daerah menjadi topik utama dalam forum pertemuan yang dilaksanakan pada Jumat 21 Mei 2021 yang lalu. Acara yang berlangsung di Kota Batu tersebut dihadiri oleh Asisten Adminitrasi Umum Sekda, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Bagian Hukum dan Pejabat Eselon 3 Pemerintah Kabupaten Bondowoso serta Kepala Bagian Umum, Koordinator Penyelenggaraan Pelatihan, Koordinator Program dan Kerjasama, dan Widyaiswara BBPP Batu. Adapun tujuan kolaborasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah dilakukan agar pembangunan SDM pertanian senantiasa terdesiminasi teknologi sampai ketingkat petani sehingga sektor pertanian dapat lekas maju dan kesejahteraan petani meningkat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam forum tersebut menyatakan bahwa kolaborasi dan kerjasama dengan pemeritah daerah khususnya Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Perkebunan dan Instansi terkait yang mendukung program pertanian harus terus di tingkatkan sumberdaya manusianya untuk menghadapi perkembangan teknologi yang begitu pesat. Selain itu, menurutnya pengembangan SDM pertanian unggul diharapkan mampu lebih cepat menggerakkan pembangunan pertanian pedesaan menuju pertanian maju, mandiri dan modern.

Selain memfokuskan pada sektor pertanian, sektor kesehatan hewan dan peternakan juga menjadi fokus utama dalam kolaborasi ini. Hal ini sejalan dengan pernyataan yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso bahwa tujuan utama kolaborasi dan kerjasama yang dilaksanakan dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian adalah untuk meningkatkan SDM petugas kesehatan hewan dan reprodukdi dalam bidang pelatihan dan sertifikasi, sehingga pelayanan kepada peternak diwilayah kerja semakin cepat dan professional. Hal ini diharapkan nantinya akan berdampak pada kesehatan dan reproduksi ternak yang semakin baik dan populasi cepat berkembang, serta pendapatan semakin meningkat. Selain itu, guna peningkatan SDM pertanian unggul akan dilaksanakan pelatihan bagi aparatur dan non aparatur di wilayah Bondowoso, serta akan dilaksanakan kerjasama pelatihan dua angkatan di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu.



Tinggalkan Balasan