Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bondowoso
Blog

Pendampingan Pengembangan Kawasan Organik Bondowoso di Desa Sulek Kecamatan Tlogosari

Pada Sabtu, 22 Juli 2023, di Kelompok Tani Sulek Raya, Desa Sulek, Kecamatan Tlogosari, sebuah kerjasama yang bernilai telah berlangsung antara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso dengan Universitas Muhammadiyah Malang. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam penggunaan bahan-bahan pertanian ramah lingkungan.

Acara ini dihadiri oleh para pengurus kelompok tani, petani, penyuluh pertanian , bagian saprodi dari Universitas Muhammadiyah Malang, dan koordinator BPP Maskuning. Pemateri khusus dalam acara ini adalah Zulkifli Yusuf atau akrab disapa P. Zul dari Universitas Muhammadiyah Malang, yang memberikan panduan lengkap tentang teknik pembuatan bahan-bahan pertanian yang ramah lingkungan.

Kerjasama dan semangat gotong royong dari 20 petani yang hadir telah menghasilkan 50 liter pestisida nabati (Pesnab) dan 50 liter pupuk organic cair (POC) yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Selain itu, para petani juga berhasil memproduksi 5 ton pupuk organic padat (POP) yang dapat digunakan sebagai pembenah tanah secara alami.

Acara ini mencerminkan upaya bersama untuk mengembangkan pertanian yang berkelanjutan, meningkatkan hasil panen, dan menjaga keseimbangan lingkungan. Para petani merasa terbantu dan terinspirasi dengan pengetahuan baru yang mereka peroleh, dan mereka bersemangat untuk menerapkan bahan-bahan pertanian ramah lingkungan ini dalam usaha mereka.

Semoga hasil dari acara praktek pembuatan pestisida nabati, pupuk organic cair, dan pupuk organic padat ini memberikan manfaat yang positif bagi pertanian di Desa Sulek dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani serta memberikan kontribusi pada ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan di wilayah tersebut. (Tim BPP Maskuning)

Related posts

Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Melalui Gerakan Pangan Murah Bondowoso

adminpertanian

PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA OLEH DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN BONDOWOSO

Tangguh Prabowo

Panen Melon di wilayah BPP Gunung Anyar

adminpertanian

Leave a Comment