PELAYANAN PETERNAKAN TERPADU GUNA TINGKATKAN POPULASI TERNAK DI BONDOWOSO

Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso memberikan pelayanan peternakan terpadu yang melibatkan petugas medik, paramedik, inseminator, dan seluruh aparat Desa Pujer Baru, Kecamatan Maesan, pada Selasa 8 juni 2021. Sebelumnya, Dinas Pertanian juga telah melakukan pelayanan terpadu di Desa Glingseran Kecamatan Wringin pada minggu lalu. Pelayanan peternakan terpadu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan populasi ternak sapi, meningkatkan swasembada daging, dan mendukung program Sapi, Kerbau, Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN). Pelayanan terpadu yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso terdiri atas kegiatan pembagian vitamin pada setiap ternak sapi, penyuntikan masal sapi betina, dan pengarahan kepada para peternak yang hadir tentang bagaimana memelihara dan merawat hewan ternak.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, Hendri Widotono melalui Kepala Bidang Peternakan, Murjana mengatakan, “Pelayanan terpadu kali ini kita lakukan pada tiga titik di satu Desa, yakni, pada Dusun Kidul Kali, Dusun Rabeh dan Gundang. Selain memberikan suntikan kepada sapi betina, kami juga memberikan arahan kepada setiap peternak yang hadir tentang bagaimana memelihara dan merawat hewan ternak agar nantinya upaya yang kita lakukan sukses, sehingga bisa bermanfaat untuk meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Bondowoso”.

Pelayanan peternakan terpadu ini dilaksanakan di lima kecamatan diantaranya Kecamatan Cerme, Kecamatan Tapen, Kecamatan Pujer, Kecamatan Tamanan dan Kecamatan Curahdami. Pelayanan terbaru ini juga diharapkan bisa meningkatkan populasi sapi di Kabupaten Bondowoso dimana peningkatan populasi sapi sampai dengan akhir tahun 2020 mengalami peningkatan sekitar 229 ribu ekor.



Tinggalkan Balasan