Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bondowoso
BlogBPP Tangsil

Meningkatkan Produktivitas Petani Bondowoso melalui Pelatihan Peningkatan Kesuburan Lahan Pertanian

Dalam rangka mendukung petani dan kelompok tani di Kabupaten Bondowoso, kegiatan pelatihan yang bertujuan meningkatkan keberlanjutan pertanian telah digelar secara bergiliran di tujuh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di wilayah tersebut. Pelatihan ini dihadiri oleh lebih dari 40 petani dari setiap BPP, dengan tujuan utama adalah meningkatkan kesuburan lahan pertanian.

Kegiatan Bersama Petani Bondowoso

Kegiatan ini merupakan upaya kolaboratif antara pemerintah setempat, perwakilan legislatif, dan kelompok tani Bintang Tani Sejahtera Desa Karang Melok Kecamatan Tamanan. Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Andi Hermanto, S.Sos, selaku Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bondowoso, serta Bapak Buarto, Ketua kelompok tani Bintang Tani Sejahtera.

Mengapa Kesuburan Tanah Penting

Dalam dunia pertanian, menjaga kesuburan tanah adalah kunci keberhasilan. Meskipun nutrisi tanah penting, itu saja tidak cukup. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah konkret untuk menjaga kesehatan tanah dan mengaktifkan mikroba tanah yang berperan penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Pelatihan Peningkatan Kesuburan Lahan Pertanian

Pada Senin, 9 Oktober 2023, Aula Balai Penyuluh Pertanian Tangsil menjadi tempat penyelenggaraan pelatihan dengan tema “Peningkatan Kesuburan Lahan Pertanian melalui Teknologi In-Situ.” Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso, Ketua Komisi II, serta petani dari seluruh wilayah BPP Tangsil.

Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso Hendri Widotono, S.Pt, MP,  yang juga sebagai salah satu pembicara kunci, menyampaikan untuk menggugah semangat para petani di bondowoso. Beliau menyatakan, “Kami sangat berkomitmen untuk mendukung para petani lokal dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Bondowoso. Kesuburan tanah adalah aset berharga dalam pertanian, dan pelatihan ini menjadi langkah penting dalam menjaga dan meningkatkannya. Kami berharap teknologi inovatif seperti Teknologi In-Situ akan membantu petani dalam mencapai hasil yang lebih baik dan memastikan pertanian yang berkelanjutan di wilayah kami.”

Teknologi In-Situ: Solusi untuk Meningkatkan Kesuburan Tanah

Teknologi In-Situ adalah metode inovatif yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi tanah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Pendekatan ini memungkinkan petani untuk memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kandungan nutrisi, dan mengaktifkan kembali mikroba tanah yang memberikan manfaat besar bagi pertanian.

 

Dorongan untuk Petani Bondowoso

Pelatihan ini memberikan kesempatan bagi petani Bondowoso untuk memanfaatkan Teknologi In-Situ dalam budidaya mereka. Dengan pendekatan ini, diharapkan petani dapat menghadapi tantangan pertanian dengan lebih baik, meningkatkan hasil panen, dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan mereka.

 

Komitmen Kabupaten Bondowoso

Kabupaten Bondowoso telah menunjukkan komitmen nyata dalam mendukung pertanian lokal. Kolaborasi antara pemerintah, DPRD, dan petani membuktikan bahwa kerja sama dapat menghasilkan manfaat konkret bagi masyarakat petani. Harapannya, pelatihan ini akan terus memberikan dampak positif dalam jangka panjang, menggerakkan pertanian lokal menuju masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan. Tim DPKP Bondowoso

 

 

Related posts

DUDUK BERSAMA KEPALA DINAS DAN THLDPP PERTANIAN

Tangguh Prabowo

KUNJUNGAN KOORDINATOR DISPERTAPANG PROV. JAWA TIMUR DAN DIREKTORAT SAYURAN DAN TANAMAN OBAT

Tangguh Prabowo

Kenalkan Teknologi Pertanian, Disperta Bondowoso Gelar Geltek

adminpertanian

Leave a Comment