Jaga Eksistensi Kopi Bondowoso, Pemkab Dorong Pembuatan Perda

Pemkab Bondowoso terus bergerak memajukan potensi kopi. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memasukkan komoditas kopi dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda).

Muh Ervan, Asisten II Pemkab Bondowoso, mengatakan, saat ini masih digodok kajian akademiknya untuk dijadikan instrument dalam pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda).

“Masih kita susun kajian akademiknya. Upaya ini dilakukan untuk mensejahterakan petani kopi dan industri perkopian di Bondowoso,” kata Ervan diruang kerjanya, Senin (28/08/2017).

Dengan disahkannya Perda yang mengatur tentang kopi di Bondowoso, untuk mewujudkan pengembangan kopi secara menyeluruh mulai dari hulu hingga hilir. Langkah ini juga untuk kelanjutan pengembangan kluster kopi yang digagas Bupati Amin Said Husni.

Jadi, keberlangsungan pengembangan kopi di Bondowoso terus berjalan karena sudah ada payung hukumnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Bondowoso, Ir Munandar membenarkan hal tersebut. “Saat ini masih dalam tataran pembahasan naskah akademik. Selanjutnya akan kita laksanakan sesuai regulasi yang ada dan secepatnya, agar segera dijadikan Peraturan Daerah,” ujar singkat Munandar.(admin pertanian)



Tinggalkan Balasan