Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bondowoso
BlogBPP Maskuning

Dengan program Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanaman (OPIP) bondowoso ditargetkan bisa surplus pangan

Jambesari DS, 10 September 2023 – Sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian, penyuluh pertanian dari Kecamatan Jambesari Darussolah telah sukses melaksanakan kegiatan ubinan padi varietas Inpari 32. Program yang dikenal sebagai Optimalisasi Peningkatan Indeks Pertanaman (OPIP) ini berlangsung di Kelompok Tani Jambesari Jaya 10, Desa Jambesari, Kecamatan Jambesari Darussolah, dan mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Fatmawati, Koordinator BPP Maskuning, serta penyuluh pertanian se-Kecamatan Jambesari Darussolah. Dengan semangat dan kolaborasi yang tinggi, mereka berhasil mencapai hasil ubinan yang menggembirakan.

Dalam kegiatan ubinan ini didapat informasi, berikut adalah hasil yang berhasil dicapai:
1. Jumlah Rata-rata Rumpun Sebanyak 190 rumpun padi.
2. Jumlah Rata-rata Anakan Terdapat 27 anakan padi.
3. Jumlah Rata-rata Bulir 112 bulir padi.
4. Berat Hasil Ubinan Total berat hasil ubinan mencapai 5,66 kilogram.

Selain itu, hasil ini juga memberikan gambaran positif terkait produktivitas per hektar (ha), dengan estimasi hasil dalam 1 ha mencapai 76,97 Kwintal (kw).

Kegiatan ubinan padi varietas Inpari 32 ini tidak hanya meningkatkan hasil pertanian lokal tetapi juga menjadi contoh inspiratif bagi petani di wilayah ini.

Dengan dukungan berkelanjutan seperti ini, pertanian di Desa Jambesari Jaya dan sekitarnya diharapkan terus berkembang, mendukung ketahanan pangan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani. (tim bpp maskuning)

Related posts

Pertemuan rutin kelompok tani

adminpertanian

Program Kampung Cabai di Kabupaten Bondowoso Mendukung Petani Lokal

adminpertanian

PERSIAPAN VERIFIKASI DAN PENILAIAN DUPAK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENYULUH PERTANIAN

Tangguh Prabowo

Leave a Comment