Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bondowoso
BlogBPP Pakem

Part IV – Pelatihan Teknologi In-Situ di BPP Pakem Menuju Petani Sukses

Serangkaian pelatihan teknologi pertanian dengan Teknologi In-Situ terus berlanjut di Kabupaten Bondowoso. Bagian IV dari pelatihan (Bimtek) ini sukses besar dan digelar di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Pakem pada tanggal 17 Oktober 2023.

Peserta dan Antusiasme yang Tinggi

Bimtek ini dihadiri oleh sejumlah peserta yang terdiri dari petani, anggota kelompok tani, dan para praktisi pertanian. Mereka hadir dengan antusiasme yang tinggi, siap untuk mendalami Teknologi In-Situ, sebuah pendekatan yang diakui sebagai metode modern untuk meningkatkan kesuburan lahan pertanian.

Inovasi dalam Pertanian yang Mendukung Petani Lokal

Teknologi In-Situ telah muncul sebagai inovasi pertanian yang sangat membantu petani lokal. Pendekatan ini menggabungkan berbagai elemen, seperti pemupukan yang lebih efisien, manajemen air yang cerdas, dan pemeliharaan kualitas tanah. Hasilnya adalah peningkatan produktivitas tanaman dan pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan.

Kontribusi Positif Bagi Petani dan Lingkungan

Penggunaan Teknologi In-Situ telah memberikan kontribusi yang sangat positif bagi petani Bondowoso. Mereka dapat mencapai hasil panen yang lebih baik, menghemat sumber daya, dan menjaga kualitas tanah untuk masa depan. Selain itu, penggunaan teknologi ini juga berperan dalam mendukung pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Komitmen Pemerintah dan Petani

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso, dalam sambutannya, menekankan komitmen pemerintah dalam mendukung pertanian lokal. “Kami sangat berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada para petani di Bondowoso. Pelatihan ini adalah salah satu upaya kami untuk memastikan bahwa para petani lokal memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk mencapai hasil yang lebih baik.”

Pengetahuan dan Keterampilan

Bimtek di BPP Pakem memberikan peserta kesempatan untuk mendalami prinsip-prinsip Teknologi In-Situ dan bagaimana menerapkannya dalam pertanian sehari-hari. Mereka juga dapat berdiskusi langsung dengan para ahli di bidang ini, berbagi pengalaman, dan mengatasi tantangan bersama.

Masa Depan yang Lebih Cerah

Dengan berlanjutnya pelatihan seperti ini, pertanian di Bondowoso memiliki masa depan yang lebih cerah. Dukungan penuh dari pemerintah, kerjasama dengan DPRD, dan semangat petani adalah fondasi yang kuat untuk mencapai pertanian yang lebih produktif, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Bimtek Pertanian dengan Teknologi In-Situ telah membuka jalan bagi petani lokal untuk meraih hasil yang lebih baik, meningkatkan kualitas lahan pertanian, dan berkontribusi pada perekonomian dan ketahanan pangan di Bondowoso. Dengan berlanjutnya pelatihan ini, pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan Teknologi In-Situ akan semakin tersebar luas di seluruh Kabupaten Bondowoso. (Tim DPKP Bondowoso)

Related posts

Part II – Mengoptimalkan Pertanian dengan Teknologi In-Situ Pelatihan di BPP Sumberwringin

adminpertanian

DISPERTAPANG PATUH BERLALU LINTAS!

Tangguh Prabowo

Sosialisasi Keamanan Pangan Segar dan Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PSAT-PDUK)

adminpertanian

Leave a Comment